Friday, July 9, 2010

PUJIAN dan CACIAN dalam perjalanan kita




Pernahkah diantara kita mendapat banyak pujian dan cacian ??? saya yakin pasti pernah.. lebih banyak mana antara pujian dan cacian yg kalian terima ??
PUJIAN adalah sebuah bentuk perhagaan bagi seseorang atas apa yang ada dalam diri manusia itu seperti pujian atas kecantikan, kepintaran, kesabaran, kekayaan, pekerjaan, status social, dan masih banyak lagi. Sudah bisa dipastikan tidak ada satu orang manusiapun yang tidak merasa senang dengan sebuah pujian, pujian kadang memang perlu kita berikan kepada seseorang karena pujian adalah sebuah bentuk perhargaan dari kita untuk keberadaan atau hasil karya orang lain.

CACIAN adalah sebuah bentuk ketidak sukaan, ketidak sepahaman seseorang kepada orang lain. Cacian biasanya dilakukan melalui kata2 yang kurang enak didengar, cacian diberikan karena ketidak sepahaman seseorang akan kecantikan, kepintaran, kesabaran, kekayaan, pekerjaan, status social, dll. Sudah bisa dipastikan kita akan merasa tidak enak mendengar sebuah cacian atau bahkan banyak diantara kita yang merasakan sakit hati dengan sebuah cacian.

Lantas bagaiamana cara kita menyikapi sebuah PUJIAN dan CACIAN ???

Yang Pertama Harus Kita Ingat adalah PUJIAN dan CACIAN adalah salah satu UJIAN namun dalam bentuk yang berbeda, kita pasti selalu ingat bahwa Tuhan memberikan kita ujian dalam bentuk KEBAIKAN dan KEBURUKAN.
Pujian adalah sebuah ujian dalam bentuk kebaikan, kita dipuji karena kecantikan, kepintaran, kesabaran, kekayaan, pekerjaan, status social, dll. Kita pasti merasa senang dan bangga namun berhati-hatilah, karena kita sering lupa bahwa sesungguhnya saat itu kita sedang di uji oleh Tuhan. Di uji seberapa besar rasa syukur yg kita panjatkan kepada Tuhan atas semua kelebihan yang Tuhan berikan kepada kita sehingga kita bisa mendapat pujian dari orang lain. Apakah kita akan merasa tinggi hati dengan semua pujian atau kita akan bersikap rendah hati dan menyadari bahwa semua kelebihan yang kita punya adalah semata2 karunia dari Tuhan sang pencipta. Boleh kita merasa senang dengan pujian namun tetaplah BERSYUKUR kepada Tudah sang pencipta.

Cacian adalah bentuk ujian dalam bentuk keburukan, setidaknya itulah yang manusia rasakan jika mendapat sebuah cacian, merasa sakit hati dan marah. Namun ingatlah sebuah cacian bisa jadi adalah sebuah tolak ukur bagi kita agar kita bisa introspeksi diri, bagaimana kita bisa mengetahui bahwa kita salah jika kita tidak mendapat teguran dari orang lain. saat kita mendapat cacian Saat itu Tuhan menguji kita. seberapa besar KESABARAN kita dalam neghadapi sebuah cacian dan apakan cacian itu bisa merubah kita menjadi orang yang lebih baik atau kita malah menyesali diri dan menyalahkan orang lain yang telah mencaci kita.

Dalam hal ini yang terpenting adalah bagaimana cara kita menyikapi sebuah ujian ??? karena sikap yang paling baik adalah apabila mendapat kesenangan kita BERSYUKUR dan apabila kita ditimpa penderitaan kita BERSABAR.

Sabar dalam ujian adalah sesuatu kekuatan yang menolong manusia untuk tetap teguh pendirian di jalur kebenaran.
Sedangkan orang yang tidak sabar dengan ujian akan mudah gelisah, ketakutan, mudah stress, mudah menyerah.
Kita harus menjadi orang yang bisa menikmati sebuah ujian dan nikmatnya ujian akan dirasakan oleh orang-orang yang memiliki keyakinan akan kehidupan dan mempunyai sebuah landasan keimanan yang kuat.

So’ kita lebih suka PUJIAN atau CACIAN ???
Semua Tergantung pada cara kita dalam menyikapinya…..

Semoga bermanfaat bagi perjalanan hidup kita.

-Tuhan maha segalanya-

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.