Saturday, April 11, 2015

12 foto keindahan Indonesia di mata Anda

"Keren banget," kata Noor Cholis, 45, saat mengunjungi Goa Pawon, Bandung, Jawa Barat. "Tempatnya eksotis, banyak kelelawar, stalaktit, dan di dalam gua itu ada hutan kecil dengan pohon besar."

"Matahari sangat baik waktu itu sehingga waktu saya potret jadinya keren banget," ujarnya antusias.

Inilah reaksi yang sering dilontarkan banyak orang ketika mengunjungi ragam wisata alam di Indonesia. Dengan ribuan pulau, deretan pantai, dan pegunungan, wisata alam di Indonesia memang tidak ada habisnya ditelusuri.

Noor Cholis, yang gemar hobi jalan-jalan ini, mengatakan Indonesia memang unik. Dia pernah bertandang ke Amerika, Eropa, dan negara Asia lain, tetapi tetap jatuh cinta dengan alam Indonesia.

"Wisata di Indonesia itu lain. Luar biasanya adalah ketika sedang wisata, kita juga bisa menikmati kuliner yang mendukung, di luar negeri tidak begitu. Di sini, Padang, Medan, Aceh, NTT, sampai Papua, makanan lain lagi, sesuatu yang sangat berbeda."

David Raka Fajri, 19, mahasiswa Yogyakarta, juga sering jalan-jalan melihat keindahan alam di daerahnya. "Keren, saya bisa lihat pemandangan dari ketinggian 2.000 kaki lebih," katanya mengomentari perjalanannya ke Dataran Tinggi Dieng.

"Selain itu saya beberapa kali ke pantai, yang paling saya suka adalah Pantai Wedi Ombo. Banyak karang, masih sepi, dan pasirnya putih. Cocok buat ambil banyak foto," katanya.

Tentu di balik keindahan alam ini, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan pemerintah untuk membenahi infrastruktur wisata.

David mengatakan akses jalan menuju Pantai Watu Lumbung di Gunung Kidul, misalnya, cukup sulit. "Harus naik motor pelan-pelan, karena harus melewati sawah dan jalan belum di aspal."

Noor Cholis juga merasakannya. "Tempat itu (Goa Pawon) tidak bisa dikemas lebih baik, harusnya kan dikembangkan akses masuknya."

Sementara itu, pemerintah mengakui bahwa perlu ada kerja sama antar kementerian untuk mendukung perbaikan infrastruktur, terutama Kementerian Pariwisata, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pada 2015, Kementerian Pariwisata berharap dengan upaya perbaikan, wisatawan mancanegara bisa naik dari 9,7 juta orang tahun lalu menjadi 12 juta orang, ungkap sejumlah laporan.

Nah, bagaimana kondisi wisata alam di tempat Anda?

sejumlah foto kiriman pembaca dan mitra yang menunjukan keindahan alam nusantara, dan berikut di antaranya:

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.